3 Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Hamil

Allaeas.com - Diawal kehamilan banyak sekali pertanyaan yang timbul dibenak sang calon ibu. Bagaimana merawatnya hingga lahir kelak dan apa saja pantangan yang harus dihindari mulai memenuhi benak sang calon ibu. Itu merupakan kondisi yang wajar saja terjadi karena ini adalah pengalaman pertama mereka. Untuk itulah ibu hamil harus banyak-banyak membaca buku ataupun mencari informasi mengenai kehamilan. 

Dalam masa kehamilan, sang calon ibu mau tak mau harus memperhatikan pola makannya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan dibagi dengan sang janin. Karena proses pertumbuhan awalnya sudah dimulai sejak di dalam kandungan, jadi sangat penting menjaga pola makan agar janin bisa berkembang dengan baik. 

Pada dasarnya tidak ada makanan wajib untuk ibu hamil, yang ada hanya anjuran untuk mengkonsumsi makanan alami yang penuh nutrisi dan jauh dari sentuhan bahan kimiawi. Jika masih bingung untuk menentukan makanan apa yang tepat dikonsumsi oleh ibu hamil, dibawah ini ada 3 jenis rekomendasi makanan untuk ibu hamil yang sangat baik untuk dikonsumsi. 

Dengan pertimbangan nutrisi yang beragam dan akan berguna tidak hanya untuk janin di dalam perut dalam pertumbuhannya tapi juga untuk kekuatan tubuh sang ibu. Pada saat hamil memang tubuh sang ibu akan terforsir lebih dari biasanya karena makanan yang dimakan dibagi untuk dua orang yaitu sang ibu dan janin. 

1. Kedelai dan Segala Olahannya


Kedelai
Kedelai sangat pas untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Protein ini berguna dalam pembentukan asam amino dan juga menjaga kesehatan sang ibu. Kedelai bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dengan berbagai olahannya. Seperti yang diketahui bersama, kedelai bisa diolah ke dalam beberapa jenis makanan seperti tempe, tahu maupun susu kedelai. Semua olahan kedelai dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. 

2. Bayam


Bayam
Sayur bayam memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil apalagi pada saat trimester pertama. Pada saat itu tubuh ibu hamil mudah lelah dan sering merasa pusing. Ternyata penyebabnya adalah sang ibu membutuhkan zat besi yang banyak. Sehingga untuk mencukupinya, mengkonsumsi sayur bayam sangatlah dianjurkan. 

3. Brokoli


Brokoli
Sayur brokoli dianjurkan oleh dokter kandungan untuk dikonsumsi ibu hamil karena kandungan asam folat yang lumayan banyak. Asam folat inilah yang berguna membentuk otak janin. Bisa juga mengkonsumsi daging ikan salmon untuk mendapatkan asupan asam folat. 

Itu tadi 3 asupan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil baik muda maupun tua. Dengan memperhatikan asupan makanannya, maka sang ibu sudah memberikan jaminan perkembangan anaknya berjalan dengan lancar.

0 Komentar

Link Banner