Bagaimana Memilih Mainan Anak Sesuai Usia?

Bagaimana Memilih Mainan Anak Sesuai Usia?

Allaeas.com - Memilih mainan anak sepertinya sebuah urusan yang mudah dan simpel, namun kenyataan berkata lain. Untuk menemukan mainan yang pas dengan mereka sangatlah sulit dan memerlukan pertimbangan yang mendalam. 

Mainan memang tidak bisa lepas dari dunia anak-anak, ketika usia mereka masih sangat muda mainan sangat mendominasi perhatian mereka. Bahkan ketika usia sekolah TK mereka diajak mengenal hewan, tumbuhan, angka dan huruf dengan mainan juga. 

Maka tak heran kalau pemerintah menerapkan prinsip belajar sambil bermain ditingkat pendidikan usia dini. Kegemaran anak dengan berbagai mainan yang ada di sekeliling mereka terjadi karena kemampuan otak mereka memang sedang dalam proses menyukai suatu hal yang menyenangkan. 

Sehingga ketika menyampaikan pelajaran kepada anak di usia dini akan dengan mudah mereka tangkap ketika disampaikan dengan permainan yang mereka suka.

Sebagai orangtua kamu tentunya harus lebih bijak utuk membelikan mainan anak yang paling tepat untuk si buah hati sesuai dengann usianya. Dengan bertambahnya usia mereka, anak memerlukan beragam mainan yang mendukung perkembangan otaknya. 

Jadi dengan kata lain anak akan bisa berkembang dengan baik ketika orangtua bisa memberikan mainan yang tepat untuk usia anaknya. Masa-masa usia anak dari 0 hingga 5 tahun adalah masa perkembangan yang paling penting dalam hidupnya. 

Jadi jika bisa dimaksimalkan, maka anak akan tumbuh berkembang dengan lebih baik kedepannya. Untuk memilihkan mainan yang sesuai dengan umurnya, ada fase-fase yang harus dilalui. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan dibawah ini:

- Usia 0 hingga 3 tahun : otak anak sedang dalam perkembangan sensor mortoriknya. Maka mainan yang tepat adalah mainan yang memiliki warna-warna cerah. Dengan begitu mereka akan tertarik melihatnya dan akan menunjang perkembangan sensor motoriknya.

- Pada usia 3 hingga 6 tahun : perkembangan otak anak sudah lebih kompleks. Anak sudah ingin mengeksplore lebih jauh mengenai berbagai hal. Jadi pancing dahulu minat anak dan berikan permainan anak yang mendukung minatnya. 

Selain mendorong anak untuk mendalami minat dan bakatnya, anak bisa dilatih lebih percaya diri dengan ragam permainan itu. Sehingga kedepannya anak tidak bingung untuk menentukan pilihan. 

- Menginjak usia pra sekolah : mainan anak yang pas diberikan adalah berbagai macam permainan yang dapat membuat mereka memiliki jiwa sosial dan kerjasama. Permainan yang memerlukan oranglain untuk memainkannya bisa dipilih agar mereka bisa bekerja sama dan tidak malu berkenalan dengan oranglain. 

Dengan begitu ketika mereka memasuki usia sekolah, orangtua tidak akan kebingungan dengan jiwa sosial anaknya ketika berada disekolah dengan teman baru. 

Pemilihan ragam permainan anak bisa dilakukan hingga mereka dewasa. Ketika usia sekolah dapat dipilihkan permainan yang membuat imajinasi mereka berkembang agar merangsang daya imajinasi mereka yang sedikit banyak akan berguna dimasa depannya.

0 Komentar

Link Banner