Begini Trik Jitu Katakan 'Tidak' Pada Atasan

Begini Trik Jitu Katakan Tidak Pada Atasan

Allaeas.com - Menjadi bawahan yang taat akan perintah atasan memang baik, selama perintah tersebut memang perintah yang jelas dan memiliki tujuan yang baik demi memajukan usahanya. Namun, adakalanya atasan justru mengajak kamu sebagai bawahannya untuk melakukan pekerjaan atau perbuatan yang tercela. 

Apa saja contohnya? Misalnya: atasan kamu mengajak kamu untuk melakukan tindakan korupsi, mengambil atau mengakali pengeluaran keuangan perusahaan demi keuntungan pribadi. 

Atau, yang marak dilakukan atasan pria pada bawahan yang seorang perempuan adalah melakukan tindakan atau hubungan seksual. Ajakan seperti ini merupakan ajakan negatif yang perlu kamu tolak, sebagai manusia dan warga negara yang baik. Dengan cara apa kamu bisa menolak ajakan negatif dari atasan?

Utarakan Penolakan Kamu


Namanya juga menolak, maka harus ada ucapan atau tindakan yang dapat diidentifikasikan sebagai suatu penolakan. Masyarakat Indonesia, dan masyarakat di luar sana, banyak sekali yang cenderung merasa tidak enak hati untuk menolak permintaan atau ajakan dari orang lain, apalagi dari atasan yang notabene merupakan pemimpin kamu dalam hal karir dan pekerjaan. 

Utarakan dengan menggunakan penyampaian yang sopan dan santun untuk menghindari kamu menyinggung perasaan dan harga diri atasan kamu. 

Berikan Alasan Kamu Mengapa Menolak Ajakan Tersebut


Kamu tentu tahu dan paham betul mengapa kamu ingin atau harus menolak ajakan negatif dari atasan kamu tersebut bukan? Karena itu, ungkapkan dengan jelas dan tidak bertele-tele alasan kamu menolak. 

Berikan alasan yang dapat diterima oleh atasan kamu, tidak asal-asalan apalagi sampai menggunakan kata 'pokoknya'. Bila perlu, berikan saran dan nasehat baik-baik pada atasan kamu, supaya atasan kamu pun bisa mengurungkan niatnya untuk melakukan hal yang negatif. 

Tegas Namun Tidak Kasar


Sebagai seorang profesional, kamu perlu menjaga sikap kamu, meskipun dalam hal ini kamu bisa saja merasa marah atau kecewa pada keputusan atasan kamu dalam mengajak kamu melakukan tindakan yang negatif. 

Apalagi jika kamu seorang perempuan dan ajakan negatif dari atasan kamu tersebut merupakan ajakan yang menjatuhkan harga diri dan martabat kamu sebagai seorang perempuan baik-baik. 

Misalnya saja ketika atasan mengajak kamu untuk berselingkuh atau untuk 'tidur', tentu kamu akan merasa marah, kesal, sekaligus tersinggung pastinya. 

Namun, tetap kamu harus menjaga sikap kamu. Katakan dengan tegas bahwa kamu menolak, tanpa harus menggunakan kata-kata dan sikap yang kasar serta menjatuhkan atau memojokan posisi atasan kamu. 

Menjadi pekerja yang baik buka berarti kamu harus menuruti semua perintah dan ajakan dari atasan kamu. Bila kamu merasa harus menolaknya demi perusahaan, demi atasan kamu, dan demi kamu sendiri, maka lakukanlah. Jangan sungkan untuk berkata tidak pada atasan kamu. 

1 Komentar

  1. Ini tantangan besar bagi karyawati Cantik. Terima kasih telah berbagi, ananda Radhika

    BalasHapus

Link Banner