Bijak Saat Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

Bijak Saat Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

Allaeas.com | Mengundurkan diri dari pekerjaan setiap orang tentunya memiliki berbagai alasan. Mengingat setiap orang pasti menginginkan pekerjaan yang membuat nyaman. Apapun jenis pekerjaan yang dijalani, asalkan kita menjalaninya dengan senang dan tempat kerja yang mendukung untuk kenyamanan pasti akan membuat kita senang juga menjalaninya. 

Tapi ada sebagian dari kita yang merasa kurang nyaman dengan pekerjaannya. Ada sebagian dari kita yang merasa kurang nyaman dengan pekerjaan yang sudah diberikan, mungkin karena waktu yang dibebankan terlalu lama, tidak sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati atau dijanjikan pihak perusahaan. Atau mungkin dengan masalah gaji yang diterima tidak sesuai dengan harapan. 

Ada beberapa perusahaan yang terkadang tidak memenuhi hak karyawannya, walaupun sebernarnya para karyawan sudah menjalankan kewajibannya terhadap perusahaan sepenuhnya, terkadang juga melebihi jam kerja pada umumnya. 

Dan mungkin sebagian dari mereka memilih untuk mengundurkan diri tempat mereka bekerja karena beberapa hal tersebut. Tapi jika ingin mengundurkan diri, ada baiknya tidak begitu saja meninggalkan pekerjaan tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya atau surat pengunduran diri. 

Bagaimana cara untuk memberikan penjelasan kepada atasan kita jika ingin mengundurkan diri? Apa saja yang harus kita sampaikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja akan di ajukan atasan? 

Berikut beberapa yang mungkin saja bisa menjadikan alasan ketika ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, yukk simak ulasannya!

1. Alasan melanjutkan pendidikan

Mungkin alasan untuk melanjutkan pendidikan merupakan alasan yang kemungkinan besar tidak menghambat atasan untuk menahan kamu agar tetap bekerja ditempatnya. 

2. Alasan pengembangan karir

Jika kamu sudah diterima ditempat perusahaan lain dengan skala yang lebih besar dari perusahaan sebelumnya, ini dapat kamu jadikan sebagai alasan. 

Karena pada dasarnya, tidak hanya dibidang pendidikan saja untuk dapat melakukan pengembangan, di dunia karir pun juga membutuhkan perkembangan karir. Jadi, sudah bukan alasan bagi mereka untuk menahan kamu agar tetap bekerja ditempat mereka.

3. Alasan keluarga

Alasan ini dapat kamu gunakan jika kamu sesang bekerja ditempat yang jauh dari keluarga. Mungkin dengan menyebutkan bekerjanya kamu diluar kota menyebabkan kurangnya hubungan kamu dengan keluarga tercinta. 

4. Melanjutkan usaha orangtua

Jika orangtua kamu memiliki usaha sendiri, mungkin dapat menjadikannya sebagai alasan mengapa kamu mengundurkan diri. 

5. Alasan kesehatan orangtua

Ketika orangtua kamu sakit, mungkin atasan kamu akan memakluminya jika kamu mengundurkan diri. Tapi jangan jadikan alasan, jika orangtua kamu dalam keadaan sehat-sehat saja. Selain itu juga ada cara bagaimana menyampaikan untuk menhundurkan diri kepada manajer kamu, antara lain:

6. Ajukan paling tidak 2-1 minggu sebelumnya 

Ajukan surat pengunduran diri kamu minimal 2 minggu sebelumnya. Dengan mengetahui lebih awal pengunduran diri kamu, mungkin pihak perusahaan juga akan mempersiapkan untuk mengatur pekerjaan yang seharusnya kamu kerjakan. Dengan cara membaginya pada rekan kerja atau mungkin dengan mencari karyawan baru sebagai pengganti kamu. 

7. Face to face

Bisa saja surat pengunduran diri disampaikan melalui email, surat atau media lainnya. Tapi akankah lebih baik, jika kamu juga bertatap muka langsung dengan atasan kamu, karena ketika awal kamu melamar pekerjaan ditempat tersebut juga dimulai dengan cara tatap muka langsung, bukan? Jadi tidak ada salahnya kalau mengundurkan diri dengan menemui atasan secara langsung. 

8. Jujur soal alasan mengapa kamu resign

Kemukakan dengan jujur tentang hal apa yang membuat kamu ingin mengundurkan diri, jika memang adanya ketidaknyamanan ditempat tersebut, bukankah akan lebih baik jika disampaikan. Tetapi tetap sampaikan dengan cara yang baik dan sopan, agar nama baik kamu tetap terjaga dengan baik ditempat tersebut. 

9. Ekspresikan rasa terimakasih

Bagaimana pun juga tempat dimana kamu bekerja merupakan tempat menambah pengalaman. Apapun bentuk yang di dapat disitu pastikan bermanfaat bagi diri kamu. 

10. Bekerjalah lebih semangat di hari terakhir kamu bekerja

Meskipun hari itu adalah hari terakhir kamu bekerja, tetaplah bekerja dengan penuh semangat. Jangan lupa ucapkan salam pada rekan-rekan kamu dikantor, sebab bagaimanapun juga mereka sudah menyambut sudah menyambut kamu dengan baik.

Semoga sedikit ulasan tentang bagaimana mengajukan surat pengunduran diri atau secara tatap muka, pastikan tetap bersikap baik agar dapat terjalin hubungan yang baik kedepannya dengan perusahaan dimana kamu bekerja beserta karyawannya. 

0 Komentar

Link Banner