Boost Your Own Self Esteem

Percaya diri

Allaeas.com | Potensi dan kemampuan setiap orang boleh jadi memang berbeda-beda. Kemampuan yang ada pada orang lain belum tentu ada pada diri kamu. Begitu pula sebaliknya, kemampuan yang selama ini ada dalam diri kamu, belum tentu ada pada diri orang lain. Masalah potensi dan kemampuan ini seringkali tidak hanya menyebabkan satu dengan lainnya saling iri. Pribahasa rumput tetangga lebih hijau, terkadang berlaku dengan bebasnya untuk urusan satu ini. Kamu iri dengan kemampuan berhitung rekan yang ekstra teliti dan akurat, sementara rekan kamu iri dengan kemampuan sosialisasi kamu yang cemerlang. 

Kalau saja semua menyadari bahwa masing-masing punya kemampuannya sendiri-sendiri sih tidak apa-apa. Tapi sayangnya kamu malah merasa kurang percaya diri (low self esteem) dengan diri sendiri. Coba jawab dengan jujur, apakah kamu seringkali mempertanyakan kemampuan atau menilai diri sendiri dibawah kapasitas orang lain? Ada banyak orang yang tidak menyadari potensi dirinya. Bisa jadi kamu salah satunya. Self esteem menunjukan berapa banyak kamu mencintai, percaya dan bangga pada diri sendiri. Masih banyak orang meragukan dirinya sendiri dalam aspek tertentu dari kehidupan. Contoh sederhana, bila merasa kurang percaya diri dalam penampilan, maka akan sulit bertahan dalam kehidupan sosial. Ada banyak faktor yang memicu self esteem yang rendah, berbagai keadaan bisa menjadi salah satu pemicunya. Misalnya, kamu mungkin pernah atau sedang berhubungan dengan sekelompok orang yang terus-menerus merendahkan kamu. Ini sudah jelas akan berpengaruh buruk pada rasa percaya diri sendiri. Bila diri sendiri saja tidak punya rasa percaya, kemajuan pun sulit dicapai. Mulai kini, tingkatkan self esteem kamu dengan beberapa hal dibawah ini:

Stop Merendahkan Diri Sendiri


Rendah hati memang bagus, tapi rendah diri sudah beda lagi konteksnya. Bagaimana kamu bisa 'dianggap ada' oleh orang lain bila diri sendiri pun tidak bisa menghargai. Sadarilah bahwa kamu sangat istimewa. Jika orang tidak menemukan sesuatu yang menarik dari dalam diri kamu, itu masalah mereka. Masih banyak orang yang bisa menemukan 'something' dari pribadi kamu.

Stop Membandingkan Diri Sendiri dengan orang Lain


Setiap orang diciptakan berbeda-beda dan punya kelebihan masing-masing. Jika kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain untuk lebih maju, that's great. Tapi bila hanya untuk disesali dan tidak melakukan apapun untuk menjadi lebih baik, stop it!

Buat Daftar Kelebihan dan Fokus


Coba sisihkan sedikit waktu untuk menganalisa kelebihan kamu dan tulis dalam secarik kertas. Fokuskan hidup pada hal yang membuat seseorang nyaman dengan kamu serta kelebihan yang telah kamu analisa tadi. 

Cari Kesibukan dan Aktifitas Berguna


Cobalah untuk mencari hobi yang kamu sukai dan bergabung dengan komunitas kegiatan yang kamu gemari. Semakin kamu sibuk dengan aktivitas yang positif, semakin sedikit waktu untuk merendahkan diri sendiri dan semakin bisa mengembangkan potensi kamu. Siapa tahu juga kamu menemukan bakat terpendam yang tidak pernah disadari sebelumnya. 

Bergabung dengan Orang Yang Berfikiran Positif


Kadang, lingkungan yang sudah kompleks masih dikelilingi orang sinis dan depresi yang tidak mendorong semangat kamu. Bergabunglah dengan mereka yang selalu berfikiran positif dan bisa membuat kamu menghormati diri sendiri. Jadi mulai saat ini, stop meragukan diri sendiri!

4 Komentar

Link Banner