Hebatnya Manfaat Air Kapur Sirih

Manfaat Air Kapur Sirih

Allaeas.com - Kamu pasti pernah melihat tukang keripik singkong merendam singkong yang telah dipotong di dalam sebuah wadah berisi air yang berwarna putih. Tahukah kamu, bahwa air putih itu merupakan air olahan kapur sirih? Ihh..serem banget ya, masa air kapur buat ngerendem makanan sih. Eittss tenang aja, inilah hebatnya manfaat air kapur sirih aman kok untuk kesehatan tubuh kita, tentunya hal ini juga sudah dibuktikan secara klinis. 

Kapur sirih berasal dari jenis bebatuan gamping yang juga berasal dari gunung kapur. Namun, kapur sirih berbeda dengan kapur yang biasa digunakan untuk bangunan ataupun untuk papan tulis sekolah, karena kapur sirih aman untuk dikonsumsi. Selain untuk merendam bahan makanan, ternyata hebatnya manfaat air kapur sirih luar biasa lho, berikut ini informasinya:

Menghilangkan Bau Ketiak

Buat kamu yang merasa kurang pede gara-gara bau ketiak menyengat, sebaiknya gunakan saja kapur sirih untuk menghilangkan bau ketiak menyengat. Caranya, oleskan air kapur sirih pada bagian ketiakmu dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu, kamu bilas dengan air yang bersih. Lakukan cara ini secara bertahap hingga bau ketiakmu menghilang. 

Merendam Makanan

Kalau kamu salah satu penikmat keripik singkong dan ketela, berarti kamu juga tahu dong kalau singkong dan ketela harus direndam air kapur sirih terlebih dahulu sebelum diolah menjadi keripik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah yang menempel pada singkong dan ketela, selain itu juga membuat keripik menjadi lebih garing nantinya. Tuh kan salah satu hebatnya manfaat air kapur sirih.

Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Punya masalah kulit seperti jerawat dan flek hitam? Nah..kamu bisa menggunakan air kapur sirih untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Ambil air rendaman kapur sirih, kemudian campurkan dengan jeruk nipis. Lalu, oleskan pada flek hitam dan juga jerawat sambil sedikit dipijat dan diamkan sampai terasa mengering diwajah. Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat. 

Sakit Tenggorokan

Sebenarnya sudah sejak dulu kapur sirih digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu, ambil air jeruk nipis satu sendok makan dan campurkan air kapur sirih dengan takaran yang sama, kemudian kamu minum langsung. 

Ternyata hebatnya manfaat air kapur sirih yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa membeli kapur sirih di pasar tradisional yang dekat dengan rumahmu. Harganya murah meriah namun manfaatnya luar biasa. 

0 Komentar

Link Banner