Membuat Jus Kulit Manggis Yang Benar

Membuat Jus Kulit Manggis Yang Benar

Allaeas.com - Kulit manggis dikenal memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan bahkan berguna untuk mengobati penyakit. Kulit manggis merupakan bahan herbal yang memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan penyakit. Salah satunya yang paling terkenal yaitu kandungan xanthones. Xanthones ini merupakan kandungan yang terdapat pada kulit dan buah manggis yang bermanfaat sebagai antuoksidan alami. Bahlan para pakar kesehatan menyatakan bahwa kandungan ini jauh lebih baik dari vitamin C. Kamu akan mendapatkan khasiatnya jika kamu mengkonsumsinya. Untuk itu perlu kamu ketahui bagaimana cara membuat jus kulit manggis yang benar agar kamu mendapatkan khasiatnya. 

Banyak sekali khasiat dari jus kulit manggis, namun yang perlu kamu perhatikan bahwa selain berkhasiat untuk kesehatan, kulit mannggis juga bisa berbahaya jika kamu tidak mengolahnya dengan benar. Dalam kulit manggis terdapat kandungan resin, tanin, dan serat kasar serta komponen lainya yang tidak bisa diproses oleh tubuh. Kandungan ini bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan oragan tubuh lainnya. 

Namun hal tersebut bukan berarti membuat kamu tidak bisa mengkonsumsi jus kulit manggis ini. Bahkan sebaliknya, saat ini sudah banyak produk minuman botol sebagai obat yang menggunakan kulit manggis sebagai bahan utamanya dan terdapat pula produk yang berbentuk kapsul. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat jus kulit manggis yang benar yang perlu kamu ketahui. 

Cara Membuat Jus Kulit Manggis


1. Cuci 3-4 buah manggis hingga bersih, lalu potong buah manggis. 

2. Pisahkan kulitnya dan kamu bisa mengkonsumsi buahnya agar tidak mubadzir.

3. Kerok dan ambil bagian dalam kulit manggis. Perlu kamu perhatikan, ambil hanya bagian dalamnya yang berwarna merah, jangan sampai kulit bagian luar yang berwarna hitam ikut terambil. Perhatikan juga getahnya yang memiliki rasa sepat dan sangat pahit juga jangan sampai terambil. 

4. Blender kulit yang telah dikerok atau diambil, kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain guna menambah cita rasa seperti susu, coklat bubuk, madu, es dan gula. Namun jika kamu tidak ingin menambahkan bahan lain juga tidak masalah. 

5. Setelah selesai kamu bisa langsung mengkonsumsi jus kulit manggis tersebut. Akan tetapi sebaiknya kamu mengkonsumsi jus kulit manggis ini setelah kamu makan. 

6. Untuk kamu yang baru pertama kali mengkonsumsi jus kulit manggis, biasanya akan timbil efek samping yang akan kamu rasakan. Efek samping tersebut misalnya alergi ringan seperti kulit menjadi kemerahan, mengalami gatal-gatal, kulit menjadi bersisik, nyeri sendi, perut menjadi mual, sakig kepala, imsomnia dan nyeri otot. 

1 Komentar

  1. Saya baru tahu kulit manggis boleh dibikin jus haha.. perkongsian yg menarik

    BalasHapus

Link Banner