Waspada Dengan Senior di Kantor Baru

Waspada Dengan Senior di Kantor Baru

Allaeas.com - Melangkahkan kaki untuk pertama kalinya ditempat kerja yang baru, tidak jarang akan menimbulkan perasaan campur aduk, mulai dari senang, bersemangat, sekaligus takut. Ya, sebagai "penghuni" baru, memang perasaan takut wajar saja timbul, karena banyak pertanyaan yang "berenang-renang" di kepala kamu, yang membuat kamu jadi grogi menghadapi hari pertama kerja kamu. 

Tenang, mereka, rekan sejawat baru kamu, bukanlah monster yang perlu ditakuti. Kamu boleh saja berpikiran "Apakah mereka akan menerima saya sebagai rekan kerja baru mereka?" atau " Apakah saya bisa berbaur dengan mereka?", tapi itu tidak akan mengubah bahwa kamu dan mereka sama, sama-sama bekerja diperusahaan yang sama. 

Meskipun demikian, bersikap waspada boleh-boleh saja kamu lakukan. Mengingat tidak semua rekan-rekan kerja baru kamu akan menerima kamu dengan tangan terbuka. Diacuhkan atau didiamkan bisa jadi akan kamu alami. Dan untuk meng-handle diri kamu agar tidak terbawa suasana, berikut tipsnya. 

Jangan diambil hati


Sebagai "orang baru" dikantor tersebut, kamu haruslah lebih dulu memperkenalkan diri kepada karyawan lainnya. Dan pada saat itulah kamu bisa melihat respon teman-teman baru kamu. Dan kalau pada akhirnya kamu mendapati ada perlakuan kurang menyenangkan dari rekan sejawar kamu atau senior kamu, tidak perlu diambil pusing. 

Karena, suka atau tidak suka, mereka yang senang dan tidak senang dengan kehadiran kamu, harus menerima kehadiranmu sebagai bagian dari perusahaan. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir akan di blacklist dari struktur perusahaan, hanya karena ada yang tidak senang dengan kehadiran kamu. Toh, yang memperkerjakan kamu adalah atasan kamu, bukan si jutek itu. 

Tetap tenang dan fokus


Kalau kamu tipe orang yang cuek mungkin tidak akan terlalu banyak berpengaruh jika "senior" kamu di kantor akan bersikap kurang positif terhadap kamu. Tapi yang gawat jika kamu termasuk tipe yang sensitif atau baperan, dimana sikap rekan kerja baru kamu yang kurang berkenan akan membuat kamu down atau rendah diri untuk bersosialisasi dengan mereka. 

Jadi tetaplah bersikap tenang. Karena dengan begitu pikiran kamu akan tetap terfokus pada kewajiban kamu sebagai seorang karyawan, yakni menyelesaikan tugas dan dateline sesuai dengan job desk atau jabatan yang kamu duduki di kantor.

 Pilih-pilih teman


Tidak mungkin jika dalam satu hari kerja kamu di hari pertama kamu, kamu tidak akan mendapatkan teman kecuali memang kamu tidak mencoba untuk bersosialisasi. Akan tetapi, kamu pun tetap harus berhati-hati dalam memilih pergaulan di kantor. 

Kemungkinan persaingan didalam area kantor tetap saja ada. Jika tidak perlu terlalu mengumbar data pribadi dan juga kemampuan kamu di depan teman baru kamu. Karena bukan tidak mungkin yang sedang kamu hadapi adalah pesaing kamu, yang mencoba mencari tahu kelemahan kamu. 

1 Komentar

  1. Persaingan di lingkungan kantor sudah ada sejak dunia terkembang. Selamat malam, ananda Radhika.

    BalasHapus

Link Banner