Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantu Si Kecil Menemukan Potensi Dirinya

Bantu Si Kecil Menemukan Potensi Dirinya

Allaeas.com - Melihat si kecil beranjak besar, dengan segala tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, pastinya akan membuat semua orangtua bahagia dibuatnya. Meskipun demikian, tidak sedikit pula, anak-anak yang hingga usianya mencapai balita, belum juga menunjukan tanda-tanda perkembangan yang berarti. 

Seperti, malu bertemu dengan orang lain selain otangtua dan orang rumahnya, atau tidak mau bersosialisasi dengan teman sebayanya. Sementara, anak-anak diusianya, saat ini, sudah ada yang masuk Pendidikan Usia Dini (PAUD), ikut les atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa merangsang kepekaan dan daya pikirnya. 

Pada dasarnya, karakteristik anak memang berbeda-beda. Ada yang cepat beradaptasi dengan lingkungan dan keadaan sekitar, namun ada pula yang harus menunggu beberapa saat, untuk bisa berbaur. Namun, dengan memupuk kepercayaan diri pada si kecil sejak dini, lambat laun, ia bisa belajar untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. 

Amati


Pernahkah kamu menemukan, si kecil menjadi lebih centil saat sedang berada di depan kaca? Atau pernahkah kamu memberikan hadiah bola, kemudian si kecil menirukan gaya tendangan David Beckam saat mencetak gol? Bisa jadi, hal-hal unik dan lucu itu adalah gambaran dari imajinasi yang tengah disenanginya saat ini. 

Dampingi


Rasa ingin tahu yang besar, yang dimiliki oleh setiap anak-anak, pastinya akan membuat para orangtua merasa was-was, setiap kali mendapati anak mereka, bertingkah yang kurang baik. Maka dari itu, perlu adanya pengarahan dari orangtua kepada anaknya, agar si kecil tidak salah mengartikan apa-apa yang tengah menjadi kesenangannya. 

Berikan Kesempatan dan Ruang


Jangan biarkan si kecil menjadi si pemberontak, karena setiap gerak geriknya selalu mendapat penjagaan dan pengawasan yang ketat dari orangtua atau pengasuhnya. Karena, mereka juga membutuhkan ruang untuk mengekpresikan diri. 

Oleh sebab itu, berikanlah kesempatan padanya untuk menunjukan kepada kamu gaya andalannya dalam menendang bola, atau cara berjalanya yang bak seorang peragawati profesional saat berjalan diatas catwalk. 

Dan setelah itu, jika kamu ingin agar potensi dalam diri si buah hati lebih terasah dalam sebuah wadah yang profesional dalam menangani potensi-potensi yang dimiliki oleh putra putri kamu, mengapa tidak diikutkan kursus saja? Dengan begitu, mereka akan bisa mendapatkan pelatihan dan pengarahan yang tepat dari sang ahli. 
Radhika
Radhika Being abandoned is the cruelest act done to someone.

4 komentar untuk "Bantu Si Kecil Menemukan Potensi Dirinya"

  1. Anak-anak zaman sekarang khususnya balita, lebih terarah dibandingkan dahulu. Sebab dimana2 ada pendidikan paud. Dan orang tuanya banyak yang betpendidkan. Terima kasih telah berbagi, ananda Radhika. Salam literasi penuh kehangatan.

    BalasHapus
  2. Iyaa bunda terimakasih sudah berkunjung.. salam sehat selalu buat bunda.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Wahh makasih ya mbaa.. blog mba juga bagus

      Hapus