Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Si Bos Kagum Pada Diri Kamu

Buat Si Bos Kagum Pada Diri Kamu

Allaeas.com - Siapa sih, yang tidak ingin "disayang" oleh atasan? Tentunya semua karyawan ingin mendapatkan perhatian dari bos atas pekerjaannya. Namun sayangnya, untuk meluluhkan hati si bos dan mendapatkan apresiasinya atas apa yang telah kita lakukan untuk perusahaan, tidak semudah membalik telapak tangan. 

Ibaratnya, untuk bisa dikagumi oleh seseorang, tentu harus ada pengorbanan untuk "mempercantik" diri. Dan dalam hal ini, jika ingin kinerja kamu dihargai oleh bos, maka harus ada profesionalitas yang kamu tawarkan dan berikan secara tulus kepada perusahaan tempat kamu bekerja. 

Dengan begitu bos pun akan mengarahkan perhatiannya pada diri kamu, dan "hujan" pujian pun bukan tidak mungkin akan mengalir deras atas kinerja dan profesionalitas kita. 

Untuk mewujudkan itu semua, berikut tipsnya:


Perhatikan Kedisiplinan


Kedisiplinan merupakan titik paling krusial karena berhubungan langsung dengan peforma kerja. Mengapa demikian? Dari disiplin sebuah keberhasilan berawal, dimana perusahaan pun akan menilai seberapa baik kinerja karyawannya melalui kedisiplinan kehadiran di kantor, ketepatan waktu penyelesaian dateline kerja dan kedisiplinan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Tingkatkan Kualitas Kerja


Istilahnya harus ada pengorbanan untuk mencapai sebuah keberhasilan. Maka dari itu, tingkatkan selalu kinerja kamu, dan jangan ragu untuk melakukan evaluasi untuk setiap hasil kerja kamu. Dengan begitu, kualitas kerja kamu pun akan semakin membaik. 

Tidak Ada 'White Lie'


Sebaiknya jangan pernah berurusan dengan yang namanya kebohongan. Kendati, kadang berbohong demi kebaikan itu diperbolehkan, namun sebaiknya jangan tujukan 'white lie' (bohong untuk kebaikan) kepada bos kamu, karena itu sama saja dengan "menusuknya dari belakang". 

Dan kamu pun tentu sadar, bukan, dengan risikonya, jika "White Lie" itu justru berbalik menyerang kamu layaknya bumerang? Yup, jangan harap bos kamu akan mempercayai kamu seperti dulu lagi. Karena satu kebohongan kecil bisa menghancurkan kepercayaan yang sudah susah payah dibangun. 

Jadi, katakanlah yang sebenarnya jika bos bertanya sesuatu - misalnya hasil rapat dengan klien, meskipun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan begitu, bos kamu bisa mengambil langkah-langkah recorvery (perbaikan) apabila ada kendala yang dihadapi oleh karyawannya. 

Berpikir Positif


Ada kalanya bos marah-marah tidak jelas dan membuat karyawannya ketar-ketir dengan kondisi bos yang sedang tidak bersahabat itu. Kamu boleh saja bingung dengan kondisi bos kamu yang seperti itu, tapi cobalah berpikir positif dengan apa yang sedang dialami bos kamu. 

Bos kamu juga manusia, dimana selayaknya manusia biasa, ia pasti punya emosi yang terkadang sulit terkontrol. Jadi, usahakan untuk tidak melihat kemarahan bos dari sisi negatifnya saja. Karena, siapa tahu, kesalahan bos itu berawal dari kesalahan dan kelalaian yang kita lakukan, sehingga membuat perusahaan merugi atau kehilangan proyeknya. 

Dan juga layaknya orangtua yang marah terhadap anaknya yang nakal, tentunya kemarahan bos tidak hanya kekesalan semata, namun jauh daripada itu, kekesalan yang diluapkan bos kepada kita melalui sikap yang jutek, perkataan yang ketus, adalah "cambuk" bagi kita agar menjadi pribadi (karyawan) yang lebih baik lagi, dan tidak melakukan kesalahan yang sama, yang bisa merugikan banyak pihak. 

Jadi, yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi diri sendiri, apabila bos kamu sudah bersikap yang diluar kebiasaan (seperti marah-marah). Dengan begitu, kamu pun bisa mengambil pelajaran dari situasi-situasi seperti itu dimasa yang akan datang. 

Bersosialisasi Dengan Bos


Kamu tidak perlu harus bersikap sok dekat dengan atasan kamu untuk mendapatkan perhatiannya. Namun, ikut mengukapkan ide-ide kamu saat rapat, sangat membantu memperkenalkan keberadaan kamu di perusahaan itu kepada bos. 

Perhatikan Penampilan


Pakaian apa yang kamu kenakan di kantor, bisa jadi memberikan nilai tersendiri untuk performa kamu. Karena, penampilan merupakan salah satu faktor penunjang kinerja kamu di kantor, jadi jangan abaikan penampilan kamu saar bekerja. 
Radhika
Radhika Being abandoned is the cruelest act done to someone.

1 komentar untuk "Buat Si Bos Kagum Pada Diri Kamu"

  1. memang benar sih kalau di kantor penampilan itu wajib diperhatikan...soalnya mencerminkan perusahaannya juga sebagai citra diri dan perusahaan...juga harus baik dari segi tingkah laku dan kerja dengan penuh kejujuran

    BalasHapus