Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Boros! Kamu Harus Perhitungkan Pengeluaran Per-Bulan

Jangan Boros! Kamu Harus Perhitungkan Pengeluaran Per-Bulan

Allaeas.com - Keuangan dalam keluarga merupakan hal yang sangat penting untuk direncanakan dengan baik agar urusan keluarga bisa berjalan dengan lancar. Suami istri dalam hal ini harus duduk bersama dan membuat anggaran belanja serta mengevaluasi pengeluaran selama satu bulan. Rencana pembelanjaan serta pengeluaran harus dibuat dengan cermat termasuk mempertimbangkan sumber pendapatan baik dari suami maupun istri. Ada beberapa langkah penting yang harus diberikan perhatian lebih untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. 

1. Tujuan keuangan merupakan hal pertama yang harus ditetapkan dengan melihat nilai pribadi pasangan. Perlu diingat bahwa prioritas bagi setiap orang mungkin saja berlainan. Kamu harus membuat list kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh kamu, suami, dan juga anak-anak. Sehingga itu menjadi pengeluaran rutin keluarga kamu per-bulannya. 

2. Sumber pendapatan sangat perlu dirinci dan diperhatikan dalam catatan pendapatan dan pengeluaran keluarga. Setiap rincian tersebut perlu diidentifikasi jumlahnya setiap bulan. Karena untuk membeli atau memenuhi kebutuhan keluarga kamu, harus ada sumber pendapatan yang pasti. Misalnya dari gaji suami atau gaji kamu (jika kamu bekerja). Selanjutnya, mungkin kamu mendapatkan sumber penghasilan yang lain, seperti berdagang, atau hal-hal lainnya. 

3. Hutang tentu perlu ditinjau kembali. Untuk itu, kamu perlu mengumpulkan semua tagihan hutang yang dimiliki. Langkah sekanjutnya adalah perlunya menghitung total tagihan hutang yang harus ditanggung setiap bulannya. Jika memang kamu tidak memiliki penghasilan yang besar, sebaiknya jangan terlalu memaksakan untuk membeli sesuatu yang belebihan, apalagi sampai berhutang. Karena itu akan menyulitkan kamu sendiri. 

Nah, dengan memperhitungkan pengeluaran keluarga dengan baik selama satu bulan, tidak bisa dipungkiri bahwa potensi konflik dalam keluarga bisa jauh lebih berkurang karena pengeluaran dan pemasukan bisa diatur dengan tepat. 
Radhika
Radhika Being abandoned is the cruelest act done to someone.

Posting Komentar untuk "Jangan Boros! Kamu Harus Perhitungkan Pengeluaran Per-Bulan"