Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kala Mertua Suka Ikut Campur Dalam Mendidik Anak

Kala Mertua Suka Ikut Campur Dalam Mendidik Anak

Allaeas.com - Berbeda pendapat adalah hal yang wajar terjadi kepada siapa saja, termasuk antara kamu dengan mertua. Biasanya orangtua dari pasangan kita ini memang seringkali ikut campur urusan menantu mereka dalam mendidik anak

Sebagi orag yag lebih tua, tidak jarang dari mereka merasa benar ketika harus ikut campur mendidik cucu mereka. Bagaimana pun  juga mereka mengharapkan yang terbaik untuk cucu-cucu mereka. Meskipun kadang cara mereka tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. 

Jika mertua kamu termasuk orang-orang yang ikut campur dalam mendidik cucu, berikut ini tips menyikapi mertua yang suka ikut campur mendidik anak:

1. Jangan pernah menunjukan ketidak sukaan kamu dengan kondisi seperti ini, karena bagaimanapun juga mertua adalah orangtua kamu yang tetap harus dijaga perasaannya. 

2. Jika hal ini memungkinkan, cobalah untuk berbicara baik-baik dengan mertua mengenai cara mendidik anak sesuai dengan yang kamu kehendaki. Akan lebih baik jika kamu dan mertua bermusyawarah dan saling mengingatkan bagaimana cara mendidik anak yang paling tepat. 

3. Jika poin ke dua tidak memungkinkan, dalam beberapa kesempatan kamu bisa memanfaatkan waktu yang tepat untuk mengurus anak. Misalkan saja memberikan suatu hal yang baru, yang belum ia ketahui sebelumnya. 

4. Memberikan suatu penjelasan tentang beberapa hal, yang menyangkut didikan sang anak dari kakek dan neneknya. Tidak semua hal yang diberikan mereka, baik untuk anak. 

5. Manfaatkan waktu luang kamu untuk bsrsama anak. Semakin sering kamu mrnghabiskan waktu bersama anak, maka kesempatan mertua untuk ikut campur tentu akan semakin sempit. 

Sebagai orangtua, tentu kamu sangat mengharapkan buah hati akan mendapatkan pendidikan yang tepat sehingga bisa mengantarkan mereka menjadi pribadi yang baik dan tetap tumbuh sehat. 

Untuk memberikan itu semua, tidak ada salahnya kamu meminta pendapat kepada orang yang lebih banyak pengalamannya (mertua). Selain itu, mencari informasi diberbagai media juga bisa menjadi sumber referensi yang bagus. 
Radhika
Radhika Being abandoned is the cruelest act done to someone.

1 komentar untuk "Kala Mertua Suka Ikut Campur Dalam Mendidik Anak"


  1. Ananda Radhika ... Ulasan ini menyentakkan kesadaran bunda. Selaku pemangku jabatan sebagai mertua dan nenek dari 5 cucu, si nenek ini harus sering2 ngoreksi diri. Terima kasih telah berbagi. Selamat malam.

    BalasHapus