Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senangnya Melihat Kakak dan Adik Kompak!

Senangnya Melihat Kakak dan Adik Kompak!

Allaeas.com - Setiap orangtua pasti menginginkan putra putrinya dapat saling menyayangi dan melindungi satu sama lain. Dengan begitu, kekompakan diantara mereka dapat terjalin dengan baik.

Tapi sayangnya, tidak semua keluarga bisa merasakan kerukunan di dalam rumahnya. Dimana, si kakak dan adik tidak bisa akur setiap kali mereka berkumpul bersama. 

Selalu ada saja yang jadi bahan pertengkaran mereka. Entah itu, saling berebut mainan, saling meledek, bahkan tidak jarang anak-anak akan berlomba-lomba untuk menarik perhatian kedua orangtuanya. 

Kalau sikap mereka yang selalu bertolak belakang itu terus dibiarkan, dan kamu sebagai orangtua tidak bisa mengambil sikap yang tegas untuk mengakurkan mereka, dikhawatirkan anak-anak tidak akan memiliki sense of belonging satu sama lain sebagai saudara. 

Jangan membandingkan anak

Setiap anak dilahirkan dengan segala kekurangn dan kelebihannya. Maka tak jarang kompetensi diantara mereka akan terjadi seiring dengan hal-hal baru yang mereka temui dan rasakan. 

Akan jauh lebih baik, jika orangtua tidak membanding-bandingkan antara si kakak dan adik. Karena meskipun mereka lahir dari satu rahim ibu yang sama, sifat dan perilaku mereka tidak 100% sama. Mereka berbeda, walaupun mereka adalah saudara kandung sekalipun. 

Dan rasa cemburu diantara anak-anak sekalipun pastinya akan muncul disaat mereka merasa jika orangtuanya lebih memperhatikan atay membangga-banggakan saudaranya. Itu akan sangat menyakiti hatinya. 

Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat kamu menasehati salah satu diantara mereka. Jangan menyebutkan atau menyinggung nama anak lainnya , untuk tujuan membanggakan atau sikap tidak setuju atas perilaku mereka. 

Jadilah hakim yang adil

Melihat si kecil beda pendapat dengan saudaranya, itu sudah menjadi hal yang lumrah. Karena mereka pasti memiliki pandangan atau pemikiran yang berbeda satu sama lain. 

Dan disaat terjadi adu pendapat diantara anak-anak, sebaiknya kamu jangan langsung mencari siapa yang benar dan salah. Biarkan mereka saling melontarkan pendapat mereka masing-masing. Dan jika perlu ada yang ditambah atau dikoreksi dari pertengkaran mulut mereka, baru kamu lakukan. 

Namun, saat kamu merasa pertengkaran mereka sudah mengarah ke adu fisik, sebaiknya segera lerai mereka. Ajak duduk mereka bersama-sama. Bicarakan dengan nada suara yang lembut mengenai perbedaan pendapat mereka. Lalu carilah jalan keluar yang adil bagi mereka. Setelah itu ajak mereka untuk berdamai. 

Ajarkan untuk saling mendukung

Pastinya tidak semua kakak beradik memiliki hobi atau kesukaan yang sama. Disaat kakak mendapatkan nilai bagus untuk pelajarannya, ajarkan kepada adik untuk mengucapkan selamat kepada kakaknya. Dan juga sebaliknya. Tapi jangan sekali-kali membanding-bandingkan kelebihan dan kekurangan mereka. 
Radhika
Radhika Being abandoned is the cruelest act done to someone.

1 komentar untuk "Senangnya Melihat Kakak dan Adik Kompak!"