Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Public Speaking, Here Are The Tips!

Public Speaking, Here Are The Tips!

Allaeas.com - Menyajikan sebuah proyek di depan calon investor tentu bukan perkara yang mudah. Belum lagi perasaan gugup yang mendera, kesiapan materi presentasi pun menjadi faktor utama, untuk mendulang sukses ketika memaparkan materi presentasi kepada klien. 

Memang bukan tugas yang mudah, tapi juga bukan berarti berbagai kendala yang ada tidak bisa ditangani. Tidak perlu panik! Karena pembicara yang sudah ahli pun suatu ketika juga bisa merasa gugup. 

Supaya kamu lancar dalam menyampaikan presentasi kamu di depan forum, berikut tipsnya. 

Sebelum Hari H

  • Agar penyampaian materi presentasi semakin menarik, improvisasi memang dibutuhkan. Sayangnya, tidak semua pembicara berhasil melakukan improvisasi. Akan tetapi, kamu bisa mencari celah dengan menuliskan beberapa poin pada secarik kertas kecil. Dengan begitu, ketika kamu lupa dengan urutan materi atau keyword untuk mengimprovisasi ķalimat, kamu masih bisa melihat 'contekan' yang kamu pegang di tangan dan melanjutkan kembali penyampaian presentasi kamu. 
  • Sebelum benar-benar berhadapan dengan klien, terlebih dahulu uji mental dan juga kesiapan kamu di depan keluarga atau teman, dengan melatih kemampuan berbicara kamu dalam menyampaikan materi presentasi kamu. Dengan begitu kamu bisa melihat seberapa lancar dan siap kamu, baik dari segi mental dan juga kesiapan bahan presentasi. Dan jangan ragu untuk meminta masukan dari kaluarga atau teman. 
  • Di depan cermin, dengan bantuan recorder atau video recorder kamu bis mencari tahu dibagian mana kelemahan kamu ketika melakukan pra-presentasi. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah ekspresi, intonasi dan improvisasi kamu sudah tepat atau masih butuh perbaikan. 
  • Sehari sebelum hari H, usahakan untuk tidak stress memikirkan presentasi esok. Meskipun sulit untuk menyingkirkan stress dan juga kegugupan, tapi sebisa mungkin cobalah untuk rileks dan lepaskan penat dengan hal-hal yang biasa membuat kamu lebih santai, seperti massage, berendam di bath tub atau hal-hal lain yang bisa me-rilekskan pikiran kamu. 

Hari H

  • Pastikan sebelum masuk ke ruang meeting, kamu tidak banyak berbicara. Karena dikhawatirkan bisa membuat suara kamu menjadi serak dan jadi tidak enak untuk di dengar. Ada baiknya ketika kamu mandi, kamu melatih suara kamu (sebagai pemanasan) dengan berlatih a,i,u,e,o. Kalau perlu nyanyikanlah lagu favorit kamu untuk mengendurkan otot-otot disekitar pita suara. 
  • Ketika stress dan gugup menyergap, biasanya sering disertai dengan peningkatan denyut jantung, yang bisa berakibat sesak nafas. Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum masuk ke ruang meeting, atur nafas dengan cara tarik nafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Kemudian ulangi lagi dengan menarik nafas lewat mulut, tahan 3 detik, lalu hembuskan melalui hidung. Ulangi masing-masing sebanyak 3 kali. Dan yang terakhir kali keluarkan melalui mulut dengan suara (seperti menghentak).
  • Biasanya gugup juga akan membuat kamu merasa haus. Sehingga akan mempersulit kamu dalam mengeluarkan kata-kata. Minumlah beberapa teguk air putih sebelum kamu mulai memberikan presentasi. Selain bisa menyapu rasa kering pada tenggorokan, minum juga bisa memberikan rasa tenang. 
  • Apabila kamu gugup menatap langsung mata audience yang hadir, lihatlah bagian keningnya. Dengan begitu bisa mengurangi rasa gugup kamu. Namun demikian, sesekali lontarkan pandangan penuh keyakinan kepada beberapa orang. Dan buang jauh-jauh pikiran bahwa penampilan kamu buruk atau kurang maksimal. Karena hal itu bisa membuat kamu down. Pikirkanlah hal-hal yang bisa mendongkrak kepercayaan diri kamu. 
  • Mulailah presentasi kamu, dengan memberikan salam pembuka dan juga lontarkan kalimat yang lucu untuk menyegarkan suasana. Tapi pilihlah kalimat dan ide guyonan yang tetap berada dijalur kesopanan. Jangan lupa untuk senyum, dengan begitu kamu bisa sedikit mengendurkan rasa gugup. Ketika tengah memaparkan materi presentasi, berikan jeda selama beberapa detik, untuk melihat sekitar dan berhenti berbicara. Hal itu akan mengurangi kekakuan saat menguraikan kata-kata. Gunakan intonasi suara yang sedang dan jauhi kalimat yang bisa memicu perdebatan atau salah paham. 

Radhika
Radhika Being abandoned is the cruelest act done to someone.

Posting Komentar untuk "Public Speaking, Here Are The Tips!"