FALSE
TRUE

Pages

Breaking News:

latest

Ads Place

Ini Yang Harus Dilakukan Bila Kata Cerai Sudah Terucap

Allaeas.com - Di dalam keluarga ataupun hidup seseorang tidak bisa dipisahkan dari adanya masalah. Masalah akan selalu ada di setiap nafas ...

Ini Yang Harus Dilakukan Bila Kata Cerai Sudah Terucap

Allaeas.com - Di dalam keluarga ataupun hidup seseorang tidak bisa dipisahkan dari adanya masalah. Masalah akan selalu ada di setiap nafas manusia. Hal itu akan kembali pada diri kamu tentang bagaimana kamu menyelesaikannya. Seperti yang banyak kita ketahui bahwa perceraian di dalam pernikahan menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan.

Banyak orang menganggap bahwa perceraian menjadi jalan keluar yang terbaik untuk mengakhiri hubungan mereka. 

Padahal, akan ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan. Salah satunya adalah komunikasi dalam keluarga yang terpecah tersebut. Komunikasi menjadi salah satu cara untuk memperlancar suatu hubungan. 

Lalu, bagaimanakah caranya agar tetap dapat berkomunikasi di dalam keluarga yang terpecah? Jika kamu mengalami hal tersebut, simaklah tips berikut ini:

Perbaiki Hubungan

Ketika kamu dan pasangan berpisah, Usahakan untuk tidak bertengkar atau berebut masalah anak ataupun harta. Hal itu akan memperparah hubungan komunikasi antara kamu dengan si buah hati. Jadi, jelaskan terlebih dahulu bahwa perceraian kamu tidak akan mengurangi rasa kasih sayang kamu dan pasangan terhadap anak kamu, dears. 

Dengan menjalin hubungan yang baik dengan mantan pasangan kamu, kamu akan dapat berkomunikasi dengan leluasa terhadap anak kamu. Bahkan, kamu juga bisa menanyakan perkembangan anak kepada mantan pasangan kamu itu. Dengan begitu akan memberikan dampak yang baik bagi kamu maupun pasangan yakni lancarnya komunikasi yang dilakukan. 

Kasih Sayang dan Perhatian

Tak dapat dipungkiri bahwa perceraian mengakibatkan perhatian dan rasa kasih sayang yang berkurang. Hal ini seharusnya menjadi celah bagi kamu untuk tetap memberikan kasih sayang dan perhatian tersebut. Dengan tetap berperilaku seperti biasanya hal itu akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan anak. 

Rasa kaku ataupun rikuh akan hilang, karena perhatian yang kamu berikan. Sehingga, mereka merasa diperhatikan oleh kamu. Rasa kasih sayang dan perhatian yang diberikan akan melunturkan sifat keras kepala mereka. Jadi hal itu dapat kamu lakukan sebagai pijakan untuk membangun komunikasi diantara dua belah pihak. 

Tumbuhkan Rasa Kepercayaan

Penyebab perceraian itu bisa bermacam-macam. Bisa jadi karena rasa kepercayaan antar pasangan yang mulai berkurang. Oleh karena itu, kamu perlu membangun kembali rasa kepercayaan itu sebelum memulai untuk berkomunikasi. Bangun kepercayaan mantan pasangan kamu dengan mengunjungi atau menelpon guna menanyakan kabar terlebih dahulu. 

Tunjukan usaha kamu bahwa kamu ingin memperbaiki hubungan komunikasi yang telah rusak. Dengan terus menelpon atau mengunjungi keluarga mantan suami kamu, hal itu akan dapat membantu memperbaiki komunikasi. Memang sedikit susah untuk membangun sesuatu kembali. Akan tetapi, hal itu mungkin terjadi jika kamu benar-benar berusaha dengan maksimal. 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun komunikasi yang terpecah. Kamu harus berfokus pada faktor luarnya yakni, dengan membaca situasi dan kondisi yang ada. Yang harus diingat adalah lunakan hati mantan pasangan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat melakukan usaha tahap demi tahap untuk memperbaiki komunikasi yang telah renggang.

Telpon dan mengirim pesan singkat dapat kamu lakukan di tahap awal, misalnya dengan menanyakan kabar anak kamu. Hal itu akan menjadi jalan pembuka bagi kamu untuk tetap dapat berkomunikasi dengan mantan pasangan. Memperbaiki hubungan terlebih dahulu, baru setelah itu kamu dapat memulai ke tahapan selanjutnya yakni membangun komunikasi. Hubungan yang lancar akan berimbas pada komunikasi yang lancar pula. 

Tidak ada komentar

close
Novel KKN