FALSE
TRUE

Pages

Breaking News:

latest

Ads Place

Tips Mengatasi Stress Akibat Skripsi

Allaeas.com - Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang ibarat sebuah pisau dengan dua mata sisi. Dimana satu sisi kamu akan merasa lega karen...

Allaeas.com - Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang ibarat sebuah pisau dengan dua mata sisi. Dimana satu sisi kamu akan merasa lega karena tidak ada lagi kelas yang harus diambil. Bahkan berbagai tugas yang sering menjadi penyebab kamu begadang hingga tengah malam sedah terlewatkan. Selain itu, kamu bisa mendapat banyak waktu luang untuk jalan-jalan, nonton film maupun menjalankan hobi.

Akan tetapi di sisi lain takanan yang datang juga semakin berat. Kamu akan lebih sering menerima pertanyaan-pertanyaan seperti kelulusan, pekerjaan hingga pertanyaan yang menanyakan masalah pernikahan. Sebagai mahasiswa tingkat akhir pasti kamu paham dengan hal-hal seperti ini bukan?

Tips Mengatasi Stress Akibat Skripsi

Hal pertama yang menjadi tugas dari mahasiswa tingkat akhir adalah menuntaskan skripsi atau tugas akhir untuk sesegera mungkin meraih gelar sarjana dan bebas dari dunia per-kuliah. Namun, justru tugas pamungkas dari mahasiswa inilah yang seringkali memunculkan masalah baru. Jika kamu ingin sukses dan tidak menjadi bagian dari mahasiswa yang stress karena skripsinya. Beberapa tips berikut dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Persiapkan beberapa judul untuk proyek akhir
Menyiapkan judul skripsi atau proyek akhir kuliah sejak jauh-jauh hari akan membantu kamu ketika waktu pembuatan skripsi sudah tiba. Usahakan untuk menyiapkan lebih dari 1 judul untuk mengantisipasi kemungkinan proyek akhir yang sudah diajukan tidak terealisasi. Setidaknya kamu memiliki persiapan judul yang lain. Carilah judul-judul yang realistis untuk bisa dikerjakan.

Cari pembimbing yang mudah dihubungi
Tips kedua ini sangat penting untuk diperhatikan. Banyak mahasiswa yang gagal merealisasikan skripsinya hanya karena masalah dosen yang sulit untuk ditemui. Jadi, lebih baik cari dosen yang mudah dihubungi ketika kamu membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan proyek akhirmu. Sebaiknya cari dosen yang menetap di kampus, terlebih lagi beliau merupakan dosen kerja.

Cari pembimbing yang tidak menyusahkan
Dalam hal ini kamu bisa menanyakannya pada teman atau senior mengenai daftar dosen yang bersedia menjadi pembimbing. Coba cermati apakah ada dosen yang cenderung menyulitkan mahasiswanya seperti selalu menjatuhkan mental mahasiswa, menyepelekan proyek akhir dari mahasiswa yang dibimbingnya, terlalu perfeksionis dan terlalu hobi melakukan revisi. Dosen pembimbing dengan tipe ini sebaiknya dihindari.

Ikuti peraturan kampus
Jangan menyepelekan peraturan-peraturan kampus yang menyangkut proyek akhir kuliah. Seperti misalnya peraturan seminar, sidang, wisuda, penetapan acuan target dan lain sebagainya. Jadikan semua peraturan yang ada itu untuk memudahkan kamu merealisasikan proyek akhir kuliahmu. Hilangkan perasaan terbebani dan putus asa karena banyaknya ketentuan yang ada.

Selain beberapa tips diatas, sebagai mahasiswa tingkat akhir dengan proyek skripsi yang besar. Ada hal-hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Misalnya menurut dengan dosen pembimbing, pandai mengatur waktu dan jangan pernah berhenti berusaha.

Tidak ada komentar

close
Novel KKN